Selasa, 05 Agustus 2008

Goodbye COP Squad - The Last Visit

Kemarin adalah hari terakhir aku di Plosolanang, Kediri. The last days i stayed together with the students from many countries. Entah kenapa perasaan ini bukannya tenang atau lega malah justru tidak nyaman, campursari antara kehilangan, senang, namun juga sedih. Tiga hari terakhir diisi dengan perpisahan mahasiswa dengan para warga, ada games 17an plus panjat pinang, lomba joget dan penyerahan perlengkapan voli untuk pemuda dusun. Hari minggu mahasiswa pamit secara pribadi dengan keluarga yang menjadi host parent selama di sana, berfoto bersama dan meminta maaf. Malam itu (3 Agustus 2008) untuk pertama kalinya aku melihat begitu banyak bintang di langit, bahkan terlalu banyak sampai menyilaukan mata. Langit gelap, minus lampu dan udara dingin menambah suasana jadi hening. Sepertinya bintang menyampaikan salam perpisahan untuk kami semua - mahasiswa yang menyaksikan terpana memandang ke langit (tidak melebih2kan lho).
Kami makan malam ala Korea. Mahasiswa Korea membakar ayam, membuat Takjuk (bubur ayam) dan menggoreng Kimchi. Makan malam terakhir itu benar2 membuat kesan buatku, karena aku ingin sekali mencoba masakan Korea, and their taste are great, Kimchi is now one of my favourite food.
Senin 4 Agustus 2008, mahasiswa berpamitan untuk terakhir kali. Tears from the students are shattered, smile are half smiled, and this chest felt very heavy, eventhough i have to maintain my calmness. Mahasiswa yang perempuan kembali ke posko bersama tas-tas terlebih dahulu karena mobil tidak muat, setelah itu mahasiswa laki-laki dijemput kemudian. Kami kembali ke Surabaya pukul 10 kurang menggunakan bus, tidak banyak yang berbicara entah karena lelah atau merasa sedih, atau justru tidak ada rasa apa-apa.
Aku pribadi merasa sangat terberkati dengan pengalaman - yang awalnya dipaksakan- ini. I have been blessed with new friends (walaupun aku tidak ke sana secara rutin), new experiences, and new understanding of other cultures. And, new understanding about myself.
Good bye COP squad, we'll meet again someday.
Annyonghi gaseyo.

Tidak ada komentar: